Posted by : Shirayuki-chan Rabu, 08 Mei 2019

Kamu masih bingung cara nonton Fate Series yang benar? Shira-chan akan berbagi cara nontonnya dengan penjelasan yang SPJ alias singkat padat jelas!


Konnichiwa Minnasan! di postingan kali ini, Shira-chan mau bahas sedikit mengenai "cara nonton Fate Series dengan baik dan benar" *cielaah judulnye :v* berdasarkan beberapa sumber terpercaya dan dari pengalaman Shira-chan yang udah nonton semua seri animenya ya hehe. Soalnya banyak followers Shira-chan di facebook dan beberapa temen yang masih kebingungan cara nonton Fate Series yang emang banyak banget serinya. Yah, lihat aja nih diagramnya dibawah ini:

Banyak banget kan serinya?
Sebenarnya Anime Fate Series tidak hanya diadaptasi dari Visual Novelnya saja. Banyak dari game-gamenya yang juga ikut diadaptasi. Seperti Fate/Extra Last Encore dan Fate/Grand Order misalnya. Yah mungkin sudah banyak website lain yang menjelaskan ya, malah mungkin lebih rinci sampai ada penjelasan nasuverse-nya juga, ditambah lagi penjelasan dari yang udah main VN-nya. Disini mah Shira-chan gak akan sepanjang itu deh, ribet xD

Shira-chan hanya ingin menjelaskan cara nontonnya berdasarkan pengalaman yang shira-chan dapatkan dari nonton langsung dan juga beberapa sumber terpercaya. so kita mulai aja check this out!

1. 4 Rute Penting sebagai inti cerita "Holy Grail War"


Walaupun Fate Series itu banyak serinya, tapi inti cerita yang menjelaskan keseluruhannya hanya ada 4 seri, yaitu Fate/Stay Night, Fate/Zero, Fate/Stay Night Unlimited Blade Works, dan Fate/Stay Night Heaven's Feel. Sisanya seperti Fate/Aporcypha, Fate/Kaleid Liner, Fate/Grand Order dll itu hanya spin off, sampingan, OVA, dan versi lain dari topik utama Fate Series ini, "Holy Grail War".


2. Fate/Zero, Holy Grail War ke-4 dengan tragedi terdahsyat



Fate/Zero rilis di musim Fall 2011 dengan skor 8.42 di MAL dan digarap oleh studio kaya grafik ufotable ini menceritakan Holy Grail War ke-4 sebelum Emiya Kiritsugu mengadopsi Shirou. Adapun para karakter utamanya adalah Emiya Kiritsugu sebagai master Saber Arthuria, Irisviel von Einzbern, Illyasviel von Einzbern (masih kecil), Kirei Kotomine sebagai master Assasin Hassan-I Sabbah, Tokiomi Tohsaka sebagai master Archer Gilgamesh, Waver Velvet sebagai master Rider Iskandar the Great, Kayneth El-Melloi Archibalad sebagai master Lancer Diarmuid, Ryuunosuke Ryouma sbg master Caster Gilles de Rais, dan Kariya Matou sebagai master Berserker Lancelot. 


Di Fate/Zero inilah diceritakan sekilas ketika Sakura Matou (yang mulanya adalah Sakura Tohsaka) diadopsi oleh keluarga Matou untuk dijadikan penyihir karena keluarga Matou sudah tidak memiliki keturunan berdarah sihir murni. Dari segi cerita Fate/Zero ini cukup rumit dan kaku banget sih di awal-awal, mulai serunya ya pastinya pas para servant mulai saling bertarung :3

3. Fate/Stay Night, 10 tahun setelah tragedi di Fate/Zero


Fate/Stay Night rilis di musim Winter 2006 ini digarap oleh studio Deen dengan skor 7.49 di MAL. Menceritakan 10 tahun setelah tragedi Fate/Zero. Berlatar "Holy Grail War ke-5", para master dan servantnya berbeda dengan di Fate/Zero. Hanya Servant kelas Saber saja yang tetap sama, yaitu Arthuria Pendragon. Setelah diselamatkan oleh Kiritsugu Emiya 10 tahun yang lalu, Shirou tumbuh menjadi anak SMA pada umumnya dengan nama "Emiya Shirou", bertekad untuk meneruskan cita-cita Kiritsugu untuk menjadi pahlawan dengan menghentikan Holy Grail War yang menurutnya tidak masuk akal.

Adapun para master dan servant yang berperan penting di Holy Grail War ke-5 ini adalah Shirou Emiya sebagai master Saber Arthuria, Rin Tohsaka (putri tunggal Tokiomi Tohsaka) sebagai master Archer EMIYA, Illyasviel Von Einzbern sebagai master Berserker Heracles, Kuzuki Soichirou sebagai master Caster Medea, Matou Shinji sebagai master Rider Medusa, dan Kirei Kotomine (yang sebenarnya hanya berperan sebagai pengamat, namun dia diam-diam menjadi peserta Holy Grail War juga) sebagai master Lancer Cu Chullain. Dan Assasin di rute ini dipanggil oleh Caster Medea, Sasaki Kojirou.


Fate/Stay Night ini disebut juga "Saber Route" karena memang cerita intinya mengarah pada Saber, atau nama aslinya Arthuria Pendragon, raja Britania. Mulai dari masa lalunya, keinginannya untuk mengembalikan kembali kerajaan Britania, hingga akhirnya dia jatuh cinta pada Shirou disaat terakhir.

4. Fate/Stay Night Unlimited Blade Works, jati diri sebenarnya Archer EMIYA


Mulanya Fate/Stay Night Unlimited Blade Works ini berbentuk movie yang rilis sekitar tahun 2010 dan digarap oleh studio Deen dengan skor 7.50 di MAL. Tapi karena movie ini laku keras, studio kaya grafik ufotable mengambil proyek ini dan menjadikannya series sebanyak 25 episode dan rilis sepanjang Fall 2014 dan Spring 2015. Skornya juga melonjak naik, dari 8.31 hingga 8.39!

Fate/Stay Night Unlimited Blade Works Movie
Fate/Stay Night Unlimited Blade Works ini disebut juga "Tohsaka Rin Route". Karakter-karakter yang berperan pun tetap sama seperti di Fate/Stay Night, namun di rute ini ceritanya berfokus pada masa lalu Tohsaka Rin, cita-citanya untuk meneruskan keinginan keluarga Tohsaka mendapatkan Holy Grail, demi menghormati keinginan ayahnya yang selalu ia kagumi. Dan juga kebenaran dari jati diri Archer yang sebenarnya adalah perwujudan Emiya Shirou di masa depan. Archer adalah satu-satunya servant yang tidak berasal dari masa lalu, karena itulah ketika Rin memanggilnya dengan sihir pemanggil, Archer tidak tahu siapa nama aslinya, jati dirinya, masa lalunya, atau apapun. Dan ketika dia melihat Emiya Shirou-lah, dia menyadari kalau dirinya yang sebenarnya adalah Shirou di masa depan yang ingin menjadi pahlawan.


Archer tidak menerima jika Shirou menjadi pahlawan di masa depan, karena dia hanya akan menjadi seseorang yang gagal, tidak bisa menyelamatkan siapapun. Maka di rute ini Archer digambarkan keliatan sangat membenci Shirou. Dia ingin membunuhnya agar sosok Archer EMIYA takkan pernah ada. Hingga pada akhirnya mereka saling bertempur di Noble Phantasm milik Archer, "Unlimited Blade Works".

Jujur Shira-chan katakan, kalau Fate/Stay Night Unlimited Blade Works ini lebih rame versi seriesnya dibanding movienya! Jadi kalau kalian gak nonton movienya dulu juga gapapa, inti ceritanya sama-sama aja sih, Bedanya ya kalau di yang series mah lebih lengkap kebanding movie :3

Shirou dan Rin ketika di Inggris. Shira-chan lebih suka mereka bersama kaya gini :3
Kalau di "Route Saber" Shirou dan Saber saling mencintai namun tidak bisa bersatu, di "Route Tohsaka" ini Shirou jatuh cinta pada Rin Tohsaka, hingga pada akhirnya mereka saling mencintai, lalu pergi ke Inggris bersama untuk belajar sihir di Menara Jam. Sampai ada episode "sunny day"nya segala pula, dimana episode itu khusus buat mereka berduaan saja. ciee~

5. Film trilogi Fate/Stay Night Heaven's Feel, Holy Grail War semakin rumit


Dan terakhir adalah Fate/Stay Night Heaven's Feel yang berbentuk trilogi movie. Masih digarap oleh studio kaya grafik ufotable. Part 1 berjudul "Presage Flower" yang rilis tahun 2017 lalu dengan skor 8.41 di MAL. Kedua baru rilis bulan Januari 2019 kemarin, berjudul "Lost Butterfly" dengan skor 8.71 di MAL. Dan terakhir akan rilis tahun 2020 mendatang berjudul "Spring Song". Heaven's Feel ini disebut juga "Sakura Route" karena ceritanya lebih berfokus pada Sakura Matou yang ingin memiliki Shirou seutuhnya. Karakter-karakter yang berperan juga masih sama seperti seri Fate/Stay Night sebelumnya, yang bedanya adalah kemunculan "angra mainyu" yang merubah Sakura menjadi Dark Sakura, dan Saber menjadi Saber Alter. 


Presage Flower bersambung saat Saber tertelan Angra Mainyu, dan merubahnya menjadi Saber Alter. Dan di Lost Butterfly bersambung saat Dark Sakura muncul. Karena trilogi ini masih bersambung, jadinya belum tahu deh bakal kaya gimana ending aslinya. Buat kalian yang udah main VNnya mungkin sudah sedikit mengetahui jalan akhir ceritanya. Ada 2 versi ending di rute Sakura ini. yaitu normal ending dan true ending. (WARNING SPOILER KERAS). 


Jika di Spring Song nanti akan mengambil normal ending, berarti Shirou Emiya akan mati karena melakukan Trace Excalibur demi menghancurkan grail. Sakura yang tidak bisa menerima kematian Shirou terus tinggal di kediaman Emiya hingga masa tuanya. Dan ketika saatnya tiba, Shirou muncul dibawah pohon Sakura, dan melambai pada Sakura :(( TIDAAAKKKK :((( TERLALU BAPER MAAAKKK :(((

Tetapi jika mengambil true ending, Illyasviel lah yang akan mati. Dia akan mengorbankan dirinya untuk menutup gerbang Holy Grail selama-lamanya, lalu melakukan Heaven Feel pada Shirou agar bisa tetap hidup. Itulah menurutnya yang bisa dilakukannya sebagai seorang kakak. (karena umur asli Illya yg sebenarnya adalah 18 tahun! Namun Illya lebih senang memanggil shirou sbg oni-chan). ILLYA KASIAN NJIR, MATI MULU :"


2 Cara untuk menonton 4 seri utama
Fate Series agar mudah dipahami


a. Jika ingin sesuai alur cerita maju
Kalau kamu pilih nontonnya berdasarkan alur cerita biar maju terus pantang mundur *eh, mulailah dari Fate/Zero, lanjut Fate/Stay Night, Fate/Stay Night Unlimited Blade Works, dan terakhir Fate/Stay Night Heaven's Feel.

b. Jika berdasarkan tahun rilis
Kalau berdasarkan tahun rilis, cukup balikkin aja Fate/Zero dan Fate/Stay Night, jadinya Fate/Stay Night 2006 dulu baru Fate/Zero. Kalau Shira-chan sendiri sih lebih memilih nonton berdasarkan tahun rilis. Lebih enak gitu. Pertama dimulai dari Fate/Stay Night yang grafik dan ceritanya bisa dibilang -masih biasa-, lalu dilanjut ke Fate/Zero yang grafiknya -sudah luar biasa-. kan mata jadi seger gitu hehehe :3

Nah itulah penjelasan singkat padat dan jelas cara nontonnya. Sisanya sih terserah penonton *eaa
Kalau mau ikuti alur cerita maju, berarti mulai dari Fate/Zero. Kalau mau ikuti sesuai tahun rilis, mulailah dari Fate/Stay Night, dan alurnya jadi maju mundur cantik *eh

Fate Series lainnya yang tidak masalah jika ingin 
ditonton lebih dulu sebelum 4 Fate Series diatas

1. Fate/Apocrypha



Walaupun serinya banyak, inti cerita Fate Series tetap mengenai "Holy Grail War". Hanya nama dan konsepnya saja yang berbeda. Fate/Apocrypha digarap oleh studio A1-Pictures yang rilis pada Spring 2017 berjumlah 25 episode dengan skor 7.19 di MAL. Berlatar di "Great Holy Grail War", dimana terdapat 2 kubu yang masing-masing memiliki 7 servant dan 7 master, yaitu kubu merah dan hitam. Kubu merah dipimpin oleh Amakusa Shirou Tokisada, dan kubu hitam dipimpin oleh kerajaan Yggdmillenia. Konsep perebutan Holy Grailnya masih sama, saling bertempur hingga tersisa satu orang yang berhak mendapatkan grail. Namun di Great Holy Grail War ini ada extra servant yang tugasnya sebagai pengamat berjalannya Great Holy Grail War, yaitu Ruler.


Beberapa pendapat mengatakan kalau Great Holy Grail War ini adalah kejadian sebelum berlangsungnya Fate/Zero, tepatnya sebelum terjadinya Holy Grail War ke-4 (bisa kamu lihat di diagram paling atas postingan ini). Tapi tidak masalah jika kamu ingin menonton Fate/Apocrypha dulu tanpa menonton 4 rute utama yang sudah dijelaskan diatas, karena gak begitu ada hubungannya kok!

2. Fate/Kaleid Liner Prisma Illya



Buat kamu yang suka loli, pasti suka deh nonton Fate yang satu ini :3 Disini kamu bisa liat Illyasviel hidup damai, bersama kakak tirinya Emiya shirou. Bahkan Kiritsugu dan Irisviel juga masih hidup! Menjalani kehidupan normal, pergi ke sekolah, bermain dan belajar layaknya anak SD biasa! Namun semuanya berubah ketika tongkat aneh bernama Ruby tiba-tiba muncul, dan membuatnya berubah menjadi mahou shoujo untuk mengumpulkan class card, yang merupakan 7 servant di Fate Series!

Prisma Illya Season 1
Fate/Kaleid yang digarap oleh studio Silver Link ini sudah memiliki 4 season dengan alur cerita yang berbeda-beda (tapi masih saling bersambungan). Mulai dari:

--Fate/Kaleid Liner Prisma Illya, rilis Summer 2013 dengan skor 7.22 di MAL.
--Fate/Kaleid Liner Prisma Illya 2wei!, rilis Summer 2014 dengan skor 7.41 di MAL
--Fate/Kaleid Liner Prisma Illya 2wei Herz!, rilis Summer 2015 dengan skor 7.36 di MAL
--Fate/Kaleid Liner Prisma Illya 3rei!, rilis Summer 2016 dengan skor 7.65 di MAL dan
--Fate/Kaleid Liner Prisma Illya Movie: Sekka no Chikai rilis tahun 2017, dengan skor 8.04 di MAL

Dalam Fate/Kaleid series ini, tidak ada yang namanya Holy Grail War. Yah, bisa dibilang ini hanyalah "perang cawan suci ringan versi loli" *plakk karena ceritanya memang ringan, tidak serumit Fate Series yang lainnya. Fate/Kaleid season 1 menceritakan awal mula Illyasviel menjadi Mahou Shoujo, untuk mengumpulkan Class Card Servant bersama Kaleid Stick bernama Ruby yang sebenarnya itu adalah milik Tohsaka Rin. Namun tak hanya Illyasviel saja, ada satu orang lagi yang menjadi saingannya mendapatkan ke-7 Class Card, dia adalah Miyu Edelfelt dengan Kaleid Sticknya, Sapphire yang sebenarnya adalah milik Luviagelita Edelfelt, saingan Rin Tohsaka!

Fate/Kaleid Liner Prisma Illya 2wei
Sedangkan untuk season kedua, Fate/Kaleid Liner Prisma Illya 2wei, ada Illyasviel lain yang muncul dalam bentuk setengah servant Archer! Tujuannya adalah untuk melenyapkan Illyasviel agar dia bisa hidup normal seperti anak-anak pada umumnya!

Fate/Kaleid Liner Prisma Illya 2wei Herz!
Apakah Illyasviel versi Archer yang terus mencoba membunuh Illyasviel asli berhasil? Semuanya terjawab di season ke-3, 2wei Herz ini! Akhirnya Illyasviel versi Archer yang menamakan dirinya Kuro Von Einzbern pun bergabung menjadi bagian keluarga Illyasviel! Ditambah lagi, Kuro dan Illyasviel punya konflik lucu lainnya, saling berebutan untuk mendapatkan perhatian sang kakak, Shirou!


Berbeda dengan season sebelumnya, season ke-4 3rei ini ceritanya lebih serius. Yaitu terungkapnya masa lalu Miyu Edelfelt yang sebenarnya merupakan tumbal untuk memunculkan Holy Grail. Miyu yang terseret masuk ke dalam dunia paralel, harus berpisah dengan semuanya, membuang semua mimpinya untuk menjalani kehidupan normal seperti anak-anak lainnya. Dia dibawa oleh keluarga Ainsworth, yang begitu berambisi untuk mendapatkan Holy Grail.

Bertekad untuk menyelamatkan Miyu, Illyasviel bersama Kuro dan Bazzet Fraga McRemitz ikut masuk ke dunia paralel. Dan yang tidak terduga adalah, kemunculan Emiya Shirou lainnya di dunia paralel! Berbeda dengan Emiya Shirou di dunia nyata sebagai kakak Illyasviel, yang hanya seorang anak SMA biasa, Emiya Shirou di dunia paralel adalah kakak Miyu, yang bisa berubah menjadi demi-servant archer!

Shirou versi Class Card Archer, kakaknya Miyu
Namun sayangnya di 3rei ini endingnya masih gantung :" yah karena manganya juga masih ongoing. Semoga aja ada kabar kelanjutannya deh :"

Sedangkan untuk Fate/Kaleid Liner Prisma Illya Movie: Sekka no Chikai adalah sekuel dari series 3rei, yaitu kejadian sebelum Miyu diadopsi oleh Luviagelita Edelfelt. Nama aslinya adalah Miyu Sayutsuki, yang dipercaya sebagai anak dewa. Takdirnya adalah menjadi tumbal untuk mengeluarkan Holy Grail.


Miyu tahu kalau dia takkan bisa menghindari takdir mengerikan ini, dan semua berubah ketika Shirou dan Kiritsugu membawanya dan merawatnya layaknya seorang adik. Kiritsugu berniat untuk menyembunyikan Miyu agar tak ada seorang pun yang bisa memanggil Holy Grail, terutama keluarga Ainsworth. Namun semuanya tidak berlangsung lama. Keluarga Ainsworth berhasil menangkapnya, dan Shirou bertekad untuk menyelamatkannya, karena dia benar-benar telah menganggap Miyu sebagai adiknya sendiri. Sayangnya walaupun Shirou berhasil membuat Miyu melarikan diri ke dunia lain, Shirou tertangkap dan dipenjara di kediaman Aisworth. Ketika tiba di dunia lain, Miyu sama sekali tak ingat apapun. Dan Luviagelita Edelfelt-lah yang menemukannya lalu merawatnya. Nah kelanjutannya di series 3 rei.


Jadi, kalau kamu ingin memulai nonton Fate Series dari yang ringan dulu, bisa deh nonton dulu yang Fate Kaleid ini :3 jujur Shira-chan katakan, Shira-chan suka Shirou versi kakaknya Miyu >///< terlalu keren dan ganteng :3

3. Fate/Extra Last Encore



Fate/Extra Last Encore digarap oleh studio shaft di musim Winter 2018 lalu dengan skor 6.43 di MAL. Seri Fate yang ini diadaptasi dari game Fate/Extra. Konsepnya masih tentang Holy Grail War, hanya berbeda bentuk. Latarnya di Moon Cell, cara untuk mendapatkan Holy Grail adalah dengan mencapai lantai teratas Moon Cell, yang tidak semua dapat meraihnya. Karena beda latar, yah tentunya Fate yang ini gak ada hubungannya dengan 4 cerita inti. Shira-chan sendiri sebenarnya agak galham sama seri Fate yang ini sih :v tapi kalau dari segi ceritanya lumayan seru kok. Apalagi ada Saber Nero Cladius, UMU!

4. Fate/Prototype



Sebenarnya Prototype ini bukan seri anime sih, hanya berupa OVA versi Kinoko Nasu yang menampilkan kilasan ceritanya selama 12 menit. Digarap oleh studio Lerche tahun 2011 lalu dan mendapat skor 6.86 di MAL. Konsepnya masih Holy Grail War. Kalau Fate/Stay Night heroine utamanya Emiya Shirou dengan servantnya raja Arthur cewek, Arthuria Pendragon, maka di Fate/Prototype ini heroine utamanya yang cewek, Sajyou Ayaka dan servantnya adalah raja Arthur yang ganteng, Arthur Pendragon :3 ah sayang banget :" Padahal servant-servantnya pada ganteng lo disini :" semoga aja bakal ada seri animenya deh!

5.  Fate/Grand Order



Kalian yang sering main FGO sih pasti lebih tahu kan :3 Shira-chan gak main sih, cuma ngikutin animenya aja :3 Beberapa seri FGO yang diadaptasi jadi anime adalah Fate/Grand Order: First Order berbentuk movie yang digarap oleh studio Lay-Duce tahun 2016 lalu dengan skor 6.91 di MAL. Dan Fate/Grand Order: Moonlight Lostroom yang berbentuk OVA. Digarap juga oleh studio Lay-Duce dan rilis di tahun 2017 dengan skor 6.26 di MAL. Dari segi cerita, Shira-chan masih rada galham sih sampe sekarang :v mungkin kalian yang main gamenya bisa lebih paham kan :v

Tapi tenang aja, seri FGO ini gak ada hubungannya dengan 4 cerita inti kok. Intinya masih tetap tentang Holy Grail War, hanya berbeda konsep aja. Dan lagi FGO ini lebih banyak seriesnya dibandingkan yang lain. Bingung? keep calm guys~ creator game FGO pernah berkata dalam suatu wawancara: "kalian bisa mengikuti FGO walaupun tidak memainkan gamenya". So nonton mah nonton aja :3 Apalagi nanti di Oktober 2019 bakal rilis Fate/Grand Order: Zettai Majuu Sensen Babylonia series, yang berfokus pada Gilgamesh versi Caster! Oh my HUSBU :3


Belum lagi di tahun 2020 mendatang FGO buat proyek lagi yang berfokus pada Saber Bedivere: Fate/Grand Order: Shinsei Entaku Ryouiki Camelot - Wandering; Agateram, Fate/Grand Order: Shinsei Entaku Ryouiki Camelot - Paladin; Agateram. Mantap dah pusingnya :v *plakk

6. Emiya-san chi no Kyou no Gohan, NO MORE HOLY GRAIL WAR!



Capek sama cerita Holy Grail War yang rumit? Nonton ini aja :3 emang dasar deh kalau Fate Series emang gudang duitnya studio ufotable :3 Diadaptasi dari manga berjudul sama yang rilis tahun 2016, versi animenya rilis setiap 1 bulan sekali dengan durasi 15 menit per episodenya. Tayang mulai dari Januari 2018-Januari 2019 dengan skor 7.93 di MAL. Disini gak ada lagi yang namanya perang-perangan, pukul-pukulan, action-actionan antara servant dan master. Semuanya damai! Servant dan Master hidup saling berdampingan satu sama lain. Adem deh liatnya :3

Seperti judulnya yang berarti "menu makan hari ini di keluarga Emiya", ceritanya berfokus pada kelihaian Shirou dalam memasak untuk memecahkan suatu masalah yang ada di setiap episodenya dengan masakan. Disini Lancer jadi penjual ikan, Rider pakai baju casual, Sakura dan Shinji akur, Sakura panggil "onee-san" ke Rin, Berserker gak garang lagi, dan banyak lagi deh. Pokoknya damai!

7. Carnival Phantasm



Masih kurang puas? Nih! Carnival Phantasm adalah proyek untuk memperingati 10 tahun berdirinya franchise Type-Moon. Digarap oleh studio Lerche tahun 2011 lalu dengan skor 7.96 di MAL, anime ini adalah parody gabungan dari 3 proyek Type-Moon yaitu Fate/Stay Night, Shigetsutan Tsukihime, dan Kara no Kyoukai. Ceritanya? random! Ada parody Holy Grail Warnya segala pula! Disini Holy Grail War bukannya menegangkan, malah jadi terlihat lucu! Mau nonton dulu Carnival Phantasm sebelum Fate Series rumit lainnya? Silakan saja! xD

KESIMPULAN

Nah, itulah dia penjelasan singkatnya. (singkat ya? :v *plokk). Jadi kesimpulannya ya begitulah. Walaupun Fate Series itu banyak judul dan serinya, kamu gak perlu bingung..Cerita intinya hanya Fate/Zero, Fate/Stay Night, Fate/Stay Night Unlimited Blade Works, dan Fate/Stay Night Heaven's Feel. Sisanya gak ada hubungannya kok. Cara nontonnya? Kalau berdasarkan alur cerita mulailah dari Fate/Zero--Fate/Stay Night--Fate/Stay Night Unlimited Blade Works--Fate/Stay Night Heaven's Feel. Kalau berdasarkan tahun rilis, balikin aja Fate/Stay Night dulu baru Fate/Zero. Mau nonton Fate yang lain dulu sebelum 4 seri ini? Gak masalah :) 

Ada yang tidak dimengerti? Lempar aja ke kolom komentar ya :)

Sekian dulu postingan Shira-chan kali ini, paipai~ *boof*


{ 7 komentar... read them below or Comment }

  1. Kalo Fate:Hollowataraxia itu gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu visual novel aja sih, tapi ada juga gamenya (shira-chan juga ngarep hollow ataraxia dijadiin anime, ostnya mantep euy wkwk)
      itu berlatar 6 bulan setelah holy grail war ke-5, dimana disitu nyeritain bazette fraga mcremitz sebagai MC utamanya yg merupakan master asli lancer cu chulainn, dan juga nyeritain caren hortensia yang "katanya" anaknya kirei kotomine

      Hapus
  2. dari ke 4 y disebutkan tadi,aku nonton kok kayak di ulang2 ya. contoh aku udah nonton yg fate/stay night terus ke fate/stay night blade itu kayak ngulang cerita yg fate/stay night (semua pemain yg mati di fate/stay night hidup lg di fate/stay night unlimited blade) jadi sebenernya anime ini cerita nya disitu2 aja yg bedain cm alur cerita aja gak maju kayak ke season 2 atau gimana. hanya pengulangan cerita yg beda ending. gzzzz

    BalasHapus
  3. Gw lebih suka sama fate/kaleid ketimbang fate series yang lain nya dan berharap ada S5 nya :3

    BalasHapus
  4. Jadi ini urutan yg benar kalo nonton dari awal apa dulu?
    Yang cerita intinya min, kebanyakan soalnya jadi bingung.

    BalasHapus

Hajimemashite!

SHIRAYUKI-CHAN
Zen and Kirito is my lovely boy. 

PROGRESS SAO VOL 21

PROGRESS SAO VOL 21

PROGRESS SAO PROGRESSIVE 1

PROGRESS SAO PROGRESSIVE 1

Visitor

WARNING!

FAQ:
1. Mengalami masalah saat ekstrak file .rar dari blog ini?
"make sure to input the password"

2. Pengguna android disarankan gunakan aplikasi yang bisa membaca rar/input password rar (rekomendasi: gunakan aplikasi Zarchiver yang bisa didownload di app store)

password: lianoatarashiisekai

Temukan Kami di Facebook

- Copyright © 2013 Shirayuki-chan's Blog -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -