Posted by : Shirayuki-chan Jumat, 25 Januari 2019

Konnichiwa Minnasan~ sudah berapa lama kita gak ketemu? *kaya kenal aje :v



Sementara ini Shira-chan rehat dulu dalam proyek menerjemahkan Light Novel SAO Progressive-nya ya. Lagi agak mumet karena sesuatu nih, hehehe.

Nah di postingan Shira-chan kali ini akan membahas tentang “Integrity Knight” dalam Sword Art Online Project Alicization. Buat kalian yang udah baca Light Novelnya dari awal arc Alicization pasti sudah tidak asing ya. Dan untuk kalian yang hanya mengikuti dari animenya saja, harap diperhatikan bahwa pembahasan ini mengandung SPOILER.

Shira-chan mengambil sumber pembahasan ini berdasarkan situs resmi saowikia, twitter resmi Reki Kawahara-sensei, serta hasil pengamatan setelah membaca seluruh Light Novelnya. Check this out!

1.  Integrity Knight, “terpanggil dari surga untuk melindungi Gereja Axiom”

1.   
Pasukan Integrity Knight diciptakan oleh Administrator setelah dia sepenuhnya menjadi penguasa Dunia Manusia dengan melawan Cardinal System. Dengan kekuatannya Administrator menciptakan pasukan Integrity Knight dari orang-orang yang telah melanggar Taboo Index maupun hasil percobaannya sendiri. Dan dalam pemerintahan barunya dia mengambil calon Integrity Knight bagi siapapun yang memenangkan turnamen persatuan pedang Centoria. (mulanya Kirito & Eugeo bertujuan memenangkan turnamen persatuan pedang Centoria di Akademi Master Pedang untuk menjadi Integrity Knight agar bisa menjemput Alice. Dan untungnya GAK JADI! Karena mereka sudah bertemu Alice sebagai pelanggar Taboo. Lega sekaligus sedih rasanya x’D)

Setelah berhadapan dengan calon knightnya, Administrator melakukan “Synthesis Ritual” dengan mengambil ingatan asli dan menggantinya dengan ingatan palsu yang bertujuan agar calon Knight itu tidak akan berkhianat pada Administrator dan Gereja Axiom. Ingatan palsu itu menyatakan bahwa “Integrity Knight terpanggil dari surga untuk melindungi Dunia Manusia dan Gereja Axiom”. Namun seluruh penduduk Underworld hanya tahu sebatas itu saja, hanya menganggap Integrity Knight adalah sosok yang dihormati dan ditakuti sebagai pelindung Dunia Manusia dan pengadil para pelanggar Taboo Index, tanpa tahu “kekejaman” dibaliknya. 

2.  Synthesis Ritual, sebuah ritual “kejam” pengunci ingatan berharga

2.     
Sebelum menjadi Integrity Knight, Administrator melakukan sebuah ritual dengan memasukan benda mirip kristal segitiga ke dahi calon knightnya yaitu mengganti ingatan asli palsu yang diciptakan Administrator tanpa sepengetahuan si calon knight. Seketika setelah kristal segitiga itu terpasang di dahinya, ingatan aslinya telah lenyap dicuri, yang ada dikepalanya hanya misi sebagai Integrity Knight yaitu setia pada Gereja Axiom dan Administrator. Integrity Knight tidak pernah melakukan kontak sosial dengan orang lain sekalipun itu keluarganya. Mereka hanya melakukannya ketika menjemput para pelanggar Taboo Index. Sehingga Adminstrator yakin kalau para Integrity Knight tidak akan menyadari kalau ingatan asli mereka sudah dicuri.

3. Serangan  Divine Object atau “Jinki” Integrity Knight setara dengan serangan 1000 prajurit



Setelah resmi menjadi Integrity Knight, Administrator menciptakan Divine Object atau “senjata suci” yang tercipta dari tanah, tanaman, hewan, dan sebagainya di Underworld yang dianggapnya “suci”. Suatu benda bisa disebut sebagai Divine Object bila bahan bakunya terbuat langsung dari alam Underworld. Contohnya adalah Divine Object milik Alice Synthesis Thirty, “Fragrant Olive Swords” terbuat dari pohon olive suci di lantai 50 Central Cathedral Gereja Axiom. Pedang milik Kirito & Eugeo juga disebut sebagai Divine Object, karena pedang hitam Kirito atau “Night Sky Sword”nya terbuat dari batang pohon iblis Gigas Cedar, dan “Blue Rose Sword” Eugeo terbuat dari naga es yang melegenda di Underworld.

4.  Misi penting Integrity Knight 



Disebut sebagai pelindung Gereja Axiom dan Dunia Manusia bukan tanpa alasan, tugas mereka adalah untuk menjemput para pelanggar Taboo Index, atau hukum absolut yang diciptakan Administrator dan mengadilinya. Seperti dibawanya Alice Schuberg dari desa Rulid oleh Dusolbert Synthesis Seven saat berumur 10 tahun karena secara tidak sengaja masuk wilayah Dark Territory yang dilarang Taboo Index, dan pelanggaran Taboo Index yang dilakukan Kirito & Eugeo karena membunuh Raios di Akademi Master Pedang, Alice yang telah menjadi Integrity Knight lah yang menjemput mereka ke Gereja Axiom untuk diadili. Karena telah terkena “Synthesis Ritual”, Alice benar-benar tak mengenali sosok Eugeo maupun Kirito. Para Integrity Knight juga memiliki hak untuk melenyapkan Life pelanggar sebanyak 75% bila mereka berontak.

5. Apakah Integrity Knight memiliki hak untuk mengembalikan ingatan berharganya?


Alice ketika mengingat adiknya, Selka Schuberg
Tentu bisa, hanya orang-orang terdekat atau mereka yang pernah mengenali sosok Integrity Knight itu sendirilah yang mampu melakukannya walaupun keberhasilannya sangat kecil. Contohnya ketika Eugeo mengenali sosok Eldrie Synthesis Thirty-one di taman Gereja Axiom. Ketika Eugeo menyebutkan nama ayah dan ibu Eldrie serta cerita kemenangannya dalam turnamen persatuan pedang Centoria Utara, Eldrie “nyaris” melepaskan kristal segitiga dari dahinya sebelum akhirnya gagal karena Dusolbert keburu datang mencegahnya. 

Dan Kirito, dia berhasil melepaskan “Synthesis Ritual” Alice setelah ia menceritakan tentang Selka Schuberg yang tak lain adalah adik Alice, dan kehidupan masa kecilnya bersama Eugeo. Walaupun saat itu Kirito tidak mengingat sama sekali tentang kehidupannya saat berumur 10 tahun di desa Rulid. Ketika kenangan itu semakin terserap, Alice melawan pertentangan Synthesis Ritual di kepalanya untuk membuang misinya sebagai Integrity Knight, sehingga ia mematahkan “The Seal of Right Eye” sampai dia pun benar-benar terlepas dari Synthesis Ritual walaupun harus kehilangan mata kanannya. Setelah Synthesis Ritual terlepas darinya, dia pun bertekad untuk melawan Administrator.

Kirito bertempur melawan Eugeo yang terkena Synthesis Ritual
Sama halnya dengan Eugeo. Karena “terpedaya” oleh rayuan dan kecantikan Adminitrator ketika terpisah dari Kirito & Alice dan membuatnya putus asa, dia terkena “Synthesis Ritual” dan mengubahnya menjadi Integrity Knight Eugeo Synthesis Thirty-two. Membuatnya harus melakukan pertarungan yang tidak perlu, melawan partnernya sendiri, Kirito. Namun itu tidak berlangsung lama. Kirito terus mengusiknya dengan kenangan-kenangan yang dilaluinya bersama sejak keberhasilan menebang pohon Gigas Cedar, menjadi siswa Akademi Master Pedang, mengalahkan para Integrity Knight demi membawa pulang Alice ke desa Rulid. Dan itu berhasil.


Sejauh ini telah ada 33 nomor Integrity Knight yang muncul di Light Novelnya. Namun tidak seluruhnya disebutkan. Nomor Integrity Knight yang diungkap dalam Light Novel & Animenya hanya di nomor 1, 2, 7, 12, 16, 18, 20, 23, 24, 26, 28, 29, 30, 31, 32, dan 33.

 a. Bercoulli Synthesis One, Komandan Knight



Bercoulli merupakan knight pertama dan tertua sepanjang sejarah Integrity Knight sehingga dia menduduki posisi sebagai Komandan Knight. Dia juga merupakan legenda yang telah membunuh naga es penjaga Blue Rose Sword di gua Ujung Gunung desa Rulid. Namun warga desa Rulid tidak mengetahui namanya, hanya mengetahui kalau ada seorang ksatria yang menaklukan naga raksasa. 

Divine Objectnya adalah "Time Piercing Sword",yang diciptakan dari jarum "System Clock" di Centoria, mewarisi kemampuan dasarnya untuk memanipulasi waktu. Kehebatan Divine Objectnya ini membuat Eugeo yang melawannya seorang diri cukup kewalahan. 

b. Fanatio Synthesis Two, Wakil Knight



Fanatio adalah Wakil Knight yang mendampingi Bercoulli Synthesis One. Menyembunyikan wajah cantiknya dibalik topeng agar tak ada yang tahu kalau dia adalah knight wanita. Divine Objectnya "Heaven Piercing Sword" diciptakan dari seribu cermin suci yang mampu menembakkan sinar cahaya dalam Full Armament Control. Ketika Kirito mengeluarkan Full Armament Control "Night Sky Sword"nya melawan Divine Object Fanatio ini, mereka berdua sama-sama tumbang karena kemampuannya yang hampir setara.

Dalam Light Novel Volume 19-20 Moon Cradle Arc, Fanatio dikaruniai seorang putra laki-laki bernama Berchie, tidak diketahui siapa ayahnya.

Fanatio menggendong Berchie, putra laki-lakinya
c. Dusolbert Synthesis Seven, Knight Merah Tua


Dusolbert adalah knight tertua ketiga setelah Bercoulli dan Fanatio. Usianya sekitar 40 tahun. Dialah yang membawa Alice kecil ke Gereja Axiom karena melanggar Taboo Index. Saat membawa Alice dia mengenakan armor putih, dan ketika menghadang Kirito & Eugeo dia mengenakan armor merah tua sehingga julukannya "Knight Merah Tua". Divine Objectnya "Conflagrant Flame Bow" dengan kemampuan menembakkan panah api yang kuat, mampu membentuk burung ketika Full Armament Control aktif. Busur yang terbuat dari burung phoenix dari gunung berapi di kekaisaran Selatan.

Sebenarnya Dusolbert memiliki istri (yang tidak diketahui namanya). Semenjak menjadi Integrity Knight dia terus memimpikannya, dan tentu saja Dusolbert takkan ingat siapa dia karena pengaruh Synthesis Ritual.

Istri Dusolbert yang selalu datang ke mimpinya
d. Scheta Synthesis Twelve, Knight Pendiam


Scheta dijuluki "Si Knight Pendiam" karena memang jarang bicara. Dia muncul ketika perang Underworld dimulai. Divine Objectnya "Black Lily Sword" dibuat dari bunga lily hitam yang ditemukan di medan perang, mengakhiri "Age of Blood and Iron" di Dark Territory. 

Dalam arc Moon Cradle, Scheta menikahi Ishkan, petarung tangan kosong Dark Territory yang pernah bertarung melawannya di medan perang Underworld. Ishkan bertekad untuk melawan perintah Pemimpin Vektor hingga mematahkan "The Seal of Right Eye" dan rela kehilangan mata kanannya. Scheta juga pindah ke Dark Territory dan tinggal disana mendampingi suaminya, Ishkan yang telah menjadi Komandan Terkuat Dark Territory sebagai perwakilan Dewan Serikat Dunia Manusia. Mereka berdua dikaruniai seorang putri yang diberi nama Lisetta, atas saran Swordsman Hijau Leafa (yang menggunakan akun Dewi Terraria).

e. Nergius Synthesis Sixteen, Knight Hijau


Nergius muncul dalam Arc Moon Cradle di Volume 20. Ketika Perang Underworld dia memang tidak ikut serta karena sedang bertugas di wilayah kekaisaran Selatan. Divine Objectnya "Tombak Storm Sprout" diciptakan dari tanaman bawang daun riko yang misterius di Centoria karena tidak pernah layu, walau cuaca sekstrim apapun bawang itu tidak bisa rusak, bahkan tidak bisa ditebang, dicabut, sekalipun menggunakan alat berat. Jika memaksa dengan mencabut akarnya maka badai besar akan menghantam. Karena itulah Administrator mengkonversi bawang daun misterius itu sebagai Divine Object Nergius, memiliki efek yang tidak biasa: bisa melayang di atas lantai atau tanah tanpa ada sesuatu apapun yang menahannya, dengan kata lain tidak akan jatuh walaupun posisinya miring.

f. Entokia Synthesis Eighteen, Knight Biru


Sama halnya dengan Nergius, Entokia juga tidak ikut serta dalam Perang Underworld. Dia juga muncul di Arc Moon Cradle di Volume 20. Seorang Knight yang santai dan kalem, sangat berbeda dengan Nergius yang dingin dan tegas. Nama Divine Objectnya tidak diketahui. Dia memanggil Kirito dengan sebutan "Kirito-sensei" dan seringkali membuat lelucon dari namanya dan nama Nergius menjadi "Enki dan Negio"  disatukan namanya menjadi "Enkinegio" yang berarti onigiri berbumbu xD

g. Dakira Synthesis Twenty,  Jeis Synthesis Twenty-Three,  Jiro Synthesis Twenty-Four, dan  Hobren Synthesis Twenty-Six, Knight pendamping Fanatio.


Nama ke-4 Knight pendamping Fanatio ini sebelumnya tidak diungkap dalam Light Novel maupun Animenya. Namun setelah episode 15 SAO Alicization tayang dan memperlihatkan mereka ber-4, Reki Kawahara selaku creator SAO mengungkap nama mereka melalui akun twitternya. Mereka adalah Integrity Knight ke 20, 23, 24, dan 26. Mereka semua (kecuali Hobren) adalah knight wanita yang menyembunyikan wajahnya dibalik topeng seperti halnya Fanatio.

h. Renri Synthesis Twenty Seven, Knight pemberani


Renri juga muncul saat perang Underworld. Knight berusia muda yang tampaknya tak jauh dari umur Alice. Divine Objectnya "Twin Edged Wings", 2 pasang pisau yang terbuat dari sepasang burung bersayap satu yang menggabungkan penggunaan sayap tunggal mereka untuk terbang bersama. Dengan penggunaan fase kedua dari Armament Full Control, pisau bergabung menjadi satu, berputar terlalu cepat sehingga suara mereka tidak dapat didengar, dan dapat mengubah arah di tengah penerbangan.

Dalam Arc Moon Cradle, Renri memberikan lamaran pernikahan pada Tieze, calon Integrity Knight. Tampaknya mereka berdua menjadi sering terlihat bersama usai perang. Namun Tieze masih ragu menjawabnya karena masih dibayangi perasaan cintanya pada Eugeo.

i. Fizel Synthesis Twenty-Eight dan Linel Synthesis Twenty               Nine, Knight termuda


Kembar, mereka adalah hasil dari percobaan Administrator ketika mereka masih berusia 5 tahun. Administrator melakukan sebuah percobaan "saling membunuh" dengan kelinci percobaannya sebanyak 28 anak. Setelah mereka semua saling membunuh, Administrator mencoba menumpahkan rapalan "hidup kembali" namun hampir semuanya gagal. Hanya mereka berdualah yang masih bertahan sehingga Administrator mengizinkan mereka menjadi Integrity Knight nomor 28 dan 29 setelah membunuh pemilik sebelumnya. 

Secara fisik Fizel & Linel masih berumur 10 tahun. Walaupun telah mendapatkan nomor urut Knight, mereka masih seorang pelatihan/magang sehingga belum mendapatkan armor atau Divine Object. Mereka licik, dengan fisik kecilnya mereka menipu Kirito & Eugeo dan meracuninya dengan belati kecil dipinggang mereka dan menyeretnya ke hadapan Fanatio. 

j. Alice Synthesis Thirty, Knight Emas


Alice menjadi Integrity Knight setelah dirinya dibawa ke Gereja Axiom karena melanggar Taboo Index di umur 10 tahun. Selama 8 tahun lamanya dia tak pernah kembali lagi. Karena itu Eugeo sebagai teman masa kecilnya bertekad untuk menjemputnya kembali ke desa Rulid. Namun karena Alice telah terkena "Synthesis Ritual", ketika Kirito & Eugeo berhadapan dengannya dia sama sekali tak mengingat mereka. 

Divine Objectnya "Fragrant Olive Sword" dibuat dari pohon olive abadi di lantai 50 Central Cathedral yang mampu berubah menjadi ratusan kelopak yang sangat tajam dan kuat, bahkan dapat dengan mudah membelah batu menjadi dua, dengan Full Armament Control.

k. Eldrie Synthesis Thirty-One, Knight Ungu


Eldrie memiliki nama asli "Eldrie Woolsburg" belum lama ini menjadi Integrity Knight dari hasil kemenangannya dalam turnamen persatuan pedang Centoria mengalahkan Solterina Serlut (kalau Eldrie yang kalah, berarti Rina-senpai yang jadi Integrity Knight, untungnya gak kejadian xD). Divine Objectnya "Cambuk Frost Scale" dibuat dari raja ular berkepala dua dari danau terbesar di kekaisaran timur. Ia memiliki kemampuan membelah diri menjadi tujuh bagian dengan «Armament Full Control Art» dan bahkan berubah menjadi ular yang sebenarnya jika fase kedua diaktifkan. 

Eldrie sangat menghormati mentornya, Alice Synthesis Thirty, bahkan saat Alice kembali ke desa Rulid selama setengah tahun demi menjaga tubuh Kirito yang kehilangan jiwanya, Eldrie menyusulnya dan memintanya untuk kembali menjadi Integrity Knight.

l. Tieze Shtolienen Thirty-Two dan Ronye Arabel Thirty Three, calon Integrity Knight di masa depan


Usai kekalahan Administrator dan berakhirnya perang Underworld, seluruh sistem pemerintahan telah diubah, dan membentuk Dewan Serikat Dunia Manusia yang dipimpin oleh Prime Swordsman Kirito & Wakil Prime Swordsman Asuna. Dan tentu saja tak ada lagi "Synthesis Ritual" dalam pengangkatan Integrity Knight resmi setelah menjalani pelatihan. Siapapun dapat menjadi Integrity Knight sesuai dengan keinginan mereka untuk melindungi Gereja Axiom dan Dunia Manusia, dua diantaranya adalah mantan murid Akademi Master Pedang, mantan Valet Eugeo & Kirito, Ronye Arabel dan Tieze Shtolienen.

Karena tidak adanya lagi Synthesis Ritual, maka tidak perlu menghapus nama asli ataupun ingatan mereka setelah diangkat menjadi Knight resmi. Maka dari itu Ronye akan mendapatkan gelar "Ronye Arabel Thirty Three" dan Tieze mendapatkan gelar "Tieze Shtolienen Thirty Two"

Mengapa nomor 32 yang pernah dipakai Eugeo bisa dipakai kembali? Ya, karena saat itu Eugeo tidak benar-benar menjadi Integrity Knight, dan hanya Kirito & Alice saja yang mengetahui kalau Eugeo pernah menjadi Integrity Knight dan mendapatkan nomor 32 tanpa menceritakannya pada siapapun sejauh ini, sehingga nomor 32 tidak boleh dilewati. Begitulah yang dijelaskan Reki Kawahara selaku creator SAO dalam kata penutupnya di Volume 20 Moon Cradle. Reki sendiri berharap untuk dapat menuliskan cerita mengenai Ronye & Tieze setelah menjadi Integrity Knight suatu hari nanti. (sekarang Kawahara-sensei masih sibuk di Unital Ring, hahaha)

Nah itulah dia pembahasan mengenai Integrity Knight dalam Sword Art Online Alicization. Kalau ada yang perlu ditambahkan atau dikoreksi, lempar ke kolom komentar ya!

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Ralat dibagian anak Fanatio ITU senpai . . Bapaknya Bercouli synthesis one, kan pas dia mau mati lawan Vector dia bilang "menitipkan anak itu padamu" Fanatio mewek dah merasa kehilangan. . Mereka menikah tanpa sepengetahuan siapapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. arigatou ralatnya say...shira-chan udah lupa-lupa inget sih sama LN nya xD

      Hapus
  2. Jadi renry itu laki ya.. Gw kira cewek wkwk

    BalasHapus

Hajimemashite!

SHIRAYUKI-CHAN
Hanya mahasiswi sastra inggris biasa. Penikmat ikemen tingkat dewa. 

PROGRESS SAO VOL 21

PROGRESS SAO VOL 21

PROGRESS SAO PROGRESSIVE 1

PROGRESS SAO PROGRESSIVE 1

Visitor

WARNING!

FAQ:
1. Mengalami masalah saat ekstrak file .rar dari blog ini?
"make sure to input the password"

2. Pengguna android disarankan gunakan aplikasi yang bisa membaca rar/input password rar (rekomendasi: gunakan aplikasi Zarchiver yang bisa didownload di app store)

password: lianoatarashiisekai

Temukan Kami di Facebook

- Copyright © 2013 Shirayuki-chan's Blog -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -